Sabtu, 23 April 2016

Karya Ilmiah : Penulisan Ilmiah

1. PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang Masalah
Masakan Padang adalah masakan dari masyarakat minang di Sumatera Barat, yang merupakan salah satu masakan populer di Indonesia. Masakan Padang terkenal dengan kelezatannya karena sarat bumbu dan aneka rempah, juga banyak yang memakai santanf. Masakan Padang juga memiliki kaya rasa dan citarasa pedas dengan kandungan bumbu kari dan santan yang kental. Rasa gurih yang dihasilkan dari santan tentu menambah citarasa. Namun, ada hal lain yang menyempurnakan kelezatannya, yaitu teknik memasak slow cooking. Teknik ini memungkinkan semua bumbu meresap ke dalam makanan. Berbeda dengan masakan Jawa yang menampilkan citarasa yang ringan, sederhana, dan jelas berkisar antara; gurih asin, asam segar, dan manis ringan.
Pada era sekarang ini banyak orang yang hobi memasak tidak hanya dari kalangan ibu-ibu rumah tangga, remaja, bahkan laki-laki sekalipun. Tentu kebutuhan informasi tentang resep masakan semakin banyak dicari, penulisan membuat aplikasi sendiri untuk mempermudah yang gemar memasak agar menemukan resep masakan.
Efesiensi waktu serta biaya yang kurang dikarenakan pengaksesan informasi melalui media cetak maupun desktop browser yang memakan waktu cukup lama karena hasil pencarian yang tidak langsung tepat sasaran, serta terbatasnya tempat untuk mengakses informasi dikarenakan tidak bersifat mobile. Selain itu penggunaan internet untuk komputer desktop/PC menggunakan biaya besar dibandingkan dengan penggunaan aplikasi mobile yang tidak menggunakan biaya untuk pengaksesan.
Berdasarkan latar belakang maka dibuatlah sebuah aplikasi mobile yang berjudul “Aplikasi Resep Masakan khas Padang”. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini, dapat membantu menyelesaikan masalah.
1.2              Batasan Masalah
Dalam penulisan ini akan dibahas mengenai penerapan teknologi Android untuk membangun aplikasi resep masakan khas Padang. Penulisan membatasi masalah hanya pada pembuatan aplikasi smartphone berbasis android dengan menggunakan bahasa pemrograman Java yaitu Android Studio. Mengingat begitu banyak masakan khas Padang, penulisan membatasi resep masakan khas Padang hanya pada masakan yang memakai santan.

1.3              Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dalam penulisan ini adalah membuat aplikasi resep masakan khas Padang untuk mempermudah user yang gemar memasak dalam menemukan resep masakan khas Padang. Dalam aplikasi ini, user dapat memanfaatkan informasi bahan dan cara membuat memasakan guna mempermudah user dalam mendapatkan informasi bahan-bahan yang diperlukan serta mempraktekan dengan cara yang mudah, sehingga dapat mengerti dengan cepat.
1.4              Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penyusunan penulisan
ilmiah ini adalah:
1.      Pengumpulan Data
Metode yang dipakai adalah metode studi pustaka. Metode ini dilakukan dengan cara mengumpulkan data dengan membaca buku resep masakan. Serta juga melakukan pengumpulan data melalui internet.
2.      Perancangan
Pada tahap ini akan dibuat model rancangan aplikasi seperti storyboard dan struktur navigasi.
3.      Uji Coba
Pada tahap ini dilakukan sebagai tahap pengujian terhadap aplikasi untuk mengetahui apakah masih ada kesalahan atau tidak. Pengujian aplikasi ini menggunakan perangkat Mobile. Perangkat Mobile yang dibutuhkan adalah satu (1) unit Smartphone dengan spesifikasi sebagai berikut:
Processor            : Quad-core 1.8 GHz
Display                : 5.5 inch
Resolution           : 1280x720
Internal memory : 16 GB
RAM                    : 2 GB
4.      Implementasi
Aplikasi yang diuji coba diimplementasikan pada software Android Studio.

1.5              Sistematika Penulisan
Untuk mempermudah dan memberikan gambaran yang jelas pada penulisan ilmiah ini, maka penulisan disusun menjadi 4 bab sebagai berikut :

1.      PENDAHULUAN
Dalam bab ini berisikan tentang latar belakang dari penulisan, batasan masalah yang diberlakukan dalam penulisan, tujuan, metode yang digunakan, serta sistematika penulisan.
2.      LANDASAN TEORI
Dalam bab ini menjelaskan tentang teori yang mendukung Penulisan Ilmiah. Dalam bab ini akan dibahas teori sejarah masakan khas Padang, serta teknologi handphone berbasis android.
3.      ANALISA DAN PEMBAHASAN

Dalam bab ini menjelaskan tentang cara pembuatan desain tampilan aplikasi, pembuatan aplikasi , serta pengujian dan implementasi dari aplikasi yang telah dibuat.
4.       PENUTUP

Dalam bab ini berisikan kesimpulan dari penulisan dan saran yang dibutuhkan untuk pengembangan aplikasi serupa kedepannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar