Kamis, 17 April 2014

Kota Padang

Kota Padang merupakan kota terbesar di provinsi Sumatera Barat. Sekaligus menjadi ibu kota provinsi Sumatra Barat. Kota Padang memiliki banyak keindahan, selain dari pemandangannya yang indah. Kota Padang juga memiliki banyak tempat pariwisata yang indah dan juga terdapat banyak peninggalan sejarah yang bisa menjadi pengetahuan kita.

Nah, berikut beberapa keindahan alam di kota Padang yang jarang kita temui di kota-kota lain. yaitu:
  • Pantai Air Manis
        Pantai Air Manis adalah pantai dimana terdapat Batu Malin Kundang. Terletak di kelurahan Aie Mani, kecamatan Padang Selatan. Pantai dengan pasir yang berwarna putih kecoklatan ini apabila air lautnya pasang naik, maka ombaknya akan menghempas batu tersebut dan bahkan dapat menutup Batu Malin Kundang ketika air laut pasang besar, maka batu-batu itu akan menyerupai dinding kapal yang sudah pecah, pastinya akan sangat terlihat indah. Pantai ini terlihat sangat luas dan ditemani beberapa pulau kecil yang berada tidak jauh dari tepi pantai. Awal masuk pantai ini untuk menuju Batu Malin Kundang kita harus berjalan menuju sebelah kiri pantai. Karena batu Malin Kundang terdapat di sebelah kiri pantai. Pantai ini memiliki keindahan yang luar biasa, selain pasirnya yang masih lembut dan juga angin yang berhembus dengan kencang. Juga Pemandangan laut yang memanjakan mata. Rasanya akan betah berlama-lama disana. Batu Malin Kundang ini adalah batu yang mempunyai legenda tersendiri. Jadi selain kita wisata ke pantai ini kita juga bisa mengetahui sejarah adanya batu ini.       

*Batu Malin Kundang, Pantai Air Manis




  • Jembatan Akar

Jembatan Akar merupakan pariwisata yang jarang ditemui. Jembatan akar terletak di kabupaten Pesisir Selatan, Padang. Keindahan dari Jembatan akar ini adalah jembatan ini benar-benar di rajut dari akar pohon yang tumbuh di kedua sisi sungai, sehingga membentuk jembatan utuh yang indah dan unik. Kenapa unik? Karena biasanya yang kita lihat adalah jembatan yang terbuat dari campuran semen, ataupun jembatan yang sudah sangat biasa kita lihat. Nah jembatan akar ini berasal dari pohon kubang (picus sp) yang tumbuh di sekitar sungai. Jembatan Akar ini juga mempunyai sejarahnya sendiri. Dimana jembatan ini didesain oleh seorang ulama  bernama Pakih Sokan. Pembangunan jembatan dilakukan sebagai upaya untuk  menghubungkan dua kampung yang dipisah oleh sungai. Selain Jembatan Akar yang begitu indah juga kita bisa menikmati arus sungai yang cukup deras dan airnya pun sangat jernih.



  • Jam Gadang
Tidak afdol rasanya ketika ke Kota Padang tanpa melihat Jam Gadang. Jam Gadang adalah nama untuk menara jam yang terletak di pusat kota Bukittinggi, Padang. Disekeliling Jam Gadang ini adalah taman. Keindahan yang dapat kita nikmati yaitu uniknya menara jam gadang dan tata taman yang indah. Jam Gadang ini merupakan peninggalan sejarah di jaman Belanda.
*Jam Gadang, Bukittinggi


Masih banyak lagi keindahan kota Padang yang bisa kita nikmati. Akan tetapi 3 objek wisata inilah yang menurut saya paling wajib untuk di datangi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar